Blog Single

16 Sep

Bagaimana Koperasi Mengubah Dunia?

Oleh Wildanshah

Mengubah dunia bisa ditafsirkan dengan beragam. Bagi koperasi, seharusnya mengubah dunia berarti terlibat aktif meningkatkan kualitas hidup manusia.  Artinya, para penggiat koperasi diharapkan mampu menemukan model bisnis yang adil yang “mempermudah” hidup masyarakat.

“Mempermudah” bisa saja lekat dengan kata teknologi cagih, produk unggulan atau manajemen sumber daya manusia yang tangkas.  Tentunya, kita punya fokus masing-masing dengan cara kita sendiri untuk memberikan “kemudahan” bagi masyarakat.

Untuk menyediakan “kemudahan”, kita perlu mengoreksi rencana strategis: baik dari sisi operasional maupun yang fungsional.

Koperasi perlu mempelajari potensi bisnis yang ada di sekitar kehidupan masyarakat. Lebih baik lagi, kalau koperasi kita dapat menempukan cara yang lebih ampuh dalam menjamu target pasar yang ingin dilayani. Mulai melakukan fasifikasi pada  entitas bisnis yang sedang beroperasi secara kreatif pada semua aspek fiturnya.

Langkah kreatif harus didukung dengan sebuah pembelajaran bagaimana masa depan dunia bekerja. Dengan memahami abiguitas, tren, ide dan gagasan tak biasa di pasar yang dinamis.

Mengamati dunia konsumen, berarti mendalami prioritas masyarakat saat ini dan masa mendatang. Mencari solusi dari masalah-masalah yang tak terpecahkan, saling memberikan masukan, dan memberikan masyarakat untuk meraih sesuatu yang lebih hebat demi kualitas hidupnya.

Apa pun fokus yang diambil untuk mengubah dunia, penggiat koperasi perlu sebuah ambisi, imajinasi dan keberanian.

Pilihannya sederhana:  apakah koperasi kita ingin memaksimalkan profit dengan memberikan benefit lebih besar atau hanya menyempurnakan sesuatu yang sudah ada dan hanya sekedar bertahan.

Lalu apa yang perlu dilakukan koperasi untuk mengubah dunia? Koperasi membutuhkan lebih banyak anggota yang percaya koperasi bisa memajukan peradaban manusia bukan sekedar memenuhi kebutuhan hidup.

Anggota yang memiliki kualitas tersebut  bergerak tidak hanya karena uang atau jabatan tertentu, mereka adalah sekumpulan individu yang ingin meningkatkan kualitas kemanusiaan. Mereka merupakan orang-orang yang menantang kondisi dunia saaat ini.

Anggota-anggota seperti ini berani melawan status qou, memiliki tekad baja, dan  menjawab keraguan masyarakat terhadap perubahan. Saat gagal, mereka dengan gagah bangkit berkali-kali, semakin mustahil dilakukan, mereka semakin keras berjuang untuk mewujudkannya.

Anggota-anggota koperasi yang hebat bukanlah hasil dari seminar-seminar, mereka tumbuh dalam ekosistem kaderisasi yang demokratis. Anggota koperasi butuh waktu dan tempat untuk mengoptimalisasi potensinya. Mereka perlu diberikan kesempatan untuk mengubah aturan yang selama ini koperasi kita “yakini”, dan diijinkan memfalsifikasi konsep-konsep koperasi kita hari ini.

Membayangkan masa depan merupakan tempat yang paling cocok untuk memulai kaderisasi anggota koperasi masa kini. Kaderisasi merupakan sebuah upaya terstruktur untuk mewujudkan potensi masa depan, mengevaluasi gagasan, dan menyiapkan bekal kepada anggota untuk menuntun kemana arah dunia yang akan ditempuh bersama.

Related Posts

Leave A Comment