Co-op University Ekosistem Pembelajaran Koperasi

Kami membayangkan koperasi di Indonesia memilik semacam Co-op University sebagai ekosistem pembelajaran (learning ecosystem).

Tempat ini akan menjadi wahana bagi para generasi muda untuk menempa ide dan keterampilan di dalam koperasi.

Co-op University bertanggungjawab untuk menyegarkan iklim koperasi: mulai menyiapkan sistem, ketangkasan organisasi,  dan memproduksi pengetahuan juga pengalaman baru  untuk menginovasi koperasi-koperasi di Indonesia.

Co-op University akan menjadi inkubator para pemimpin dan para inovator koperasi di masa depan.

Co-op University harus dilandasi oleh semangat bahwa modal manusia adalah pondasi dari kesejahteraan dan masa depan sebuah bangsa.

Modal manusia ini harus memiliki keterampilan yang berkualitas tinggi baik dari sisi intelektual, emosional, spiritual, sosial bahkan kesehatan.

Dengan demikian, Co-op University  diarahkan menjadi kawah candradimuka untuk melatih para kader-kader koperasi menjadi pemimpin yang handal dalam membangun dan mengembangkan berbagai model bisnis kolektif.

Bagi kami, mencetak pemimpin yang memiliki wawasan koperasi merupakan investasi jangka panjang dan sangat baik bagi pembangunan ekonomi nasional.

Tentunya, pemimpin yang memiliki wawasan koperasi pasti tidak hanya memikirkan demokratisasi politik tetapi juga demokratisasi ekonomi.

Maka dari itu, kita perlu menciptakan sistem atau platform untuk melahirkan pemimpin-pemimpin di koperasi.

Berdasarkan pengalaman, kami melihat koperasi yang mampu mencetak pemimpin hebat, lebih berdaya tangkas ketimbang koperasi yang hanya memperbanyak anggota-anggota saja.

Karena pemimpin-pemimpin tangkas tersebut menjadi garansi bagi kesejahteraan anggota secara berkelanjutan.

Kami meyakini bahwa  tugas mulia koperasi sebenarnya menjadi pabrik yang mencetak para pemimpin bangsa. Koperasi  harus menjadi  tempat bagi orang-orang yang ingin belajar administrasi keadilan, manajemen pemerataan, strategi kolaborasi, ekonomi kerjasama dan program yang berbudi luhur. 

Co-op university harus bisa membuat standarisasi agar kader-kader memiliki kemampuan berstandar internasional. Program-program pembangunan kompetensi Coop University sebaiknya tersertfikasi dengan standar internasional dan para “lulusannya” memiliki tanda bukti keahlian tertentu di bidang koperasi.

Untuk memulai hal tersebut, koperasi-koperasi di Indonesia idealnya membangun konsursium sebagai “Pusat Sertitifikasi Kompetensi & Kepemimpinan Koperasi” yang bertaraf koperasi internasional

Dengan demikian, Co-op University  bisa menjadi sarana pendukung ekosistem koperasi dalam memperkuat kemampuan belajar anggota-anggotanya menjadi pemimpin masa depan yang hebat. Karena Co-op University adalah tongkat estafet kepemimpinan yang menjamin masa depan kita bersama. (Wildanshah)