Blog Single

19 Oct

Visi Cashless Society KSPPS Shakira Artha Mulia

“Canggih, tanpa riba, milik bersama dan cashless society”, ini adalah prinsip dari Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Shakira Artha Mulia. KSPPS ini berada di Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat dan telah berdiri sejak 13 Februari 2018. Sejak pendiriannya, koperasi imi sudah mampu untuk mengikuti perkembangan iklim inovasi. Tujuan penerapan teknologi untuk membantu aktivitas koperasi agar lebih efisien. Inovasi ini diinisiasi langsung oleh pendirinya, Yusup Saepulhak, yang juga menjabat sebagai Ketua dari KSPPS Shakira Artha Mulia.

Penerapan teknologi informasi sudah tidak dapat dihindari lagi, termasuk dalam berkoperasi. Penggunaan skill manual untuk mengelola koperasi dirasa sudah ketinggalan zaman akhir-akhir ini. Koperasi harus mempunyai gebrakan baru untuk mengikuti perkembangan zaman agar koperasi tidak dinilai kuno di masyarakat. Inovasi di dalam koperasi sangat penting karena ini juga berkaitan dengan keberlangsungan hidup koperasi itu sendiri. “Saya pikir jika semua masih manual-manual saja akan tertinggal sama yang lain, karena koperasi yang kuat itu yang bisa menyesuaikan dengan keadaan, keadaan sekarang adalah keadaan digital, maka koperasi pun harus digital selayaknya perbankan”, cakap Ketua KSPPS Shakira Artha Mulia itu.

Inovasi yang dilakukan oleh KSPPS ini adalah dengan menerapkan sistem core banking. Penerapan sistem core banking dinilai sejalan dengan prinsip pendiri untuk menjadikan koperasi yang canggih, tanpa riba, milik bersama dan cashless society. Inovasi ini dilakukan di KSPPS Shakira Artha Mulia bekerjasama dengan Aulia Soft selaku vendor pengembang sistem informasi dan teknologi. Pengembangan sistem ini bertujuan untuk membantu anggota koperasi untuk tidak perlu lagi repot pergi ke koperasi untuk melakukan transaksi sederhana. Fungsi paling dasar diterapkannya sistem core banking di koperasi adalah untuk melayani seluruh kebutuhan anggota seperti funding, lending, dan deposit uang.

Setelah diterapkannya sistem core banking ini, telah menghasilkan banyak kemudahan yang sudah dapat dirasakan oleh anggota KSPPS Shakira Artha Mulia mulai dari pencatatan keanggotaan koperasi, ATM untuk anggota, buku tabungan dan mobile koperasi sudah dapat digunakan secara bebas selama menjadi anggota. Dengan adanya mobile koperasi, anggota sudah dapat melakukan transfer atau menerima transfer dari bank lain. “saya berprinsip untuk menjadikan koperasi yang canggih, tanpa riba, milik bersama dan cashless society. Core banking yang biasanya diterapkan di perbankan kini juga bisa diterapkan di koperasi”, ujar Yusup Saepulhak.



Produk mobile koperasi hasil kerjasama dengan Aulia Soft diberi nama KJKS SHAKIRA. Aplikasi mobile koperasi ini memungkinkan anggota koperasi untuk bertransaksi seperti menabung, transfer ke bank lain, menerima transfer, beli pulsa, top up e-wallet (Gopay, OVO, dan Dana), serta top up listrik. Dengan menonjolkan fitur transaksi yang mudah, gratis dan praktis bertujuan untuk memberikan fasilitas dan mengedukasi anggota mengenai tabungan online. Hal ini juga bentuk gerak koperasi dalam memberikan inklusi keuangan di masyarakat khususnya anggota koperasi.

Tentu saja, semua program baru ini memiliki hambatannya juga. Sejak diterapkannya sistem online ini, kira-kira bulan Mei 2020 KSPPS Shakira Artha Mulia juga pernah dilaporkan sebagai Pinjaman Online berkedok koperasi dalam suatu media. Namun hal tersebut dapat dibantah dengan pembuktian bahwa KSPPS Shakira Artha Mulia adalah koperasi syariah legal yang berbadan hukum dan memiliki perizinan yang lengkap. Legalitas itu tertuang dalam Surat Keterangan Badan Hukum nomor 007350/BH/M.KUKM.2/II/2018 dan diawasi oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI)

Keyakinan kuat pendiri koperasi telah mendorong KSPPS Shakira Artha Mulia membuat gebrakan baru di lingkungan koperasi. Meskipun pendiri bukan berasal dari latar belakang pendidikan di luar bidang Teknologi Informasi (TI) dari pendiri KSPPS Shakira Artha Mulia tidak menghentikan kreativitas pendiri untuk melakukan inovasi. Komitmen dan kolaborasi menjadi pegangan kuat pendiri koperasi dalam berhasilnya adaptasi teknologi di dalam tubuh koperasi KSPPS Shakira Artha Mulia. []


Anda bisa meninggalkan No. Ponsel bila memilih "Ingin memahami lebih lanjut"

Related Posts

Comments

There are 1 comments on this post.

  1. Rafli

    October 19, 2020

    Reply

    Mohon imfo lebih lanjut mengenai cara bergabung ke sini

Leave A Comment