Blog Single

19 Oct

Podcast Menjadi Media untuk Rangkul Milenial

Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mempunyai Koperasi Simpan Pinjam (KSP) bernama KSP CU MITRA PARAHITA yang melakukan inovasi. KSP ini meluncurkan program baru dalam platform digital berupa podcast yang diberi nama “Interview Podcast”. Program ini diluncurkan saat masa pandemi sebagai respon adaptif KSP untuk membangun branding koperasi di masa pandemi sekaligus menciptakan ketertarikan generasi milenial pada koperasi.

Program ini diluncurkan karena berangkat dari kegelisahan pengurus koperasi yang mengalami degenerasi kader. Kenyataannya, sudah bukan rahasia lagi kalau koperasi saat ini cenderung didominasi oleh generasi baby boomers dan generasi X atau angkatan 1946-1980. Ini petanda bahwa koperasi tidak cukup menarik bagi generasi milenial. Apabila hal ini tidak menjadi perhatian, maka koperasi akan sedang menemui tahap involusinya. Sehingga, koperasi yang ingin tetap eksis harus mampu mengenalkan kepada generasi Y dan Z atau angkatan 1981-2010, sebagai kader baru atau kader milenial yang siap mengembangkan koperasi mengikuti zamannya.

Permasalahan degenerasi kader yang belum selesai formulanya, sekarang koperasi siap ataupun tidak siap harus beradaptasi dengan kondisi pandemi. Hal itulah yang menjadi alasan kuat bagi manajemen KSP CU Mitra Parahita untuk membuat gebrakan program ini. Konsep dari program podcast ini sebenarnya sederhananya, seperti acara talkshow pada umumnya. Program “Interview Podcast” diinisiasi langsung oleh Manajer KSP Mitra Parahita. 

Konsep dari program ini adalah di mana host mewawancarai tamu (narasumber) yang berbeda pada setiap episode dan kemudian dibagikan di Youtube, dan media sosial lainya. “Harapannya KSP Mitra Parahita menjadi koperasi yang sustainanble dan kaum muda masuk menjadi anggota koperasi, pendekatan dengan yang anak muda suka yaitu melalui media online youtube, agar mereka melihat seperti apa lembaga keuangan ini dan mereka tau kisah inspiratif anggota yang sukses”, tutur Maria Risa Wiandani, General Manajer KSP CU Mitra Parahita Kab. Gunungkidul.



Podcast dipilih sebagai metode adaptasi mem-branding koperasi karena podcast sendiri kalangannya adalah milenial. Selain itu, Bujet dalam membuat program “Interview Podcast” ini sangat murah karena masih sangat sederhana dengan mengandalkan sumber daya yang ada dan narasumber pun merupakan anggota di KSP CU Mitra Parahita sendiri.

Podcasting yang telah dilakukan di antaranya bertema  “Aku Muda, Berkarya, Dan Berkoperasi”. Tema ini dipilih karena narasumbernya, Kongko Pulunggono, seorang entrepreneur yang juga merupakan anggota KSP CU Mitra Parahita. Kongko memiliki usaha apotik, studio foto serta outlet burger. Kongko bercerita tentang bagaimana awalnya dia bergabung menjadi anggota koperasi. 

Di dalam podcast ia menyampaikan bahwa sebelum menjadi anggota KSP CU Mitra Parahita, ia tidak tahu cara mengelola keuangan. Pengelolaan keuangannya masih tidak tertata, dalam artian antara keuangan usaha dan keuangan pribadi saling bercampur. Barulah setelah menjadi anggota KSP CU Mitra Parahita, ia mendapat pendampingan usaha serta pemilahan keuangan melalui produk tabungan/simpanan di koperasi sehingga keuangan lebih tertata.

Podcasting yang lainnya adalah “Pengelolaan Keuangan Keluarga CU Mitra Parahita” yang menghadirkan narasumber dari divisi pendidikan di manajemen KSP CU Mitra Parahita. Ada juga pocasting dengan tema “Dokter Gigi Menjadi Chef” dengan mendatangkan anggota koperasi yang berprofesi sebagai dokter gigi. Podcasting selanjutnya akan terus dijalankan dengan tema kisah inspiratif usaha anggota, ketertarikan menjadi anggota koperasi, dan manfaat menjadi anggota koperasi.

Adaptasi program melaui podcast ini harapannya dapat membantu dalam membangun reputasi koperasi.  mengarahkan audience ke website koperasi, dan menyampaikan berbagi informasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Setelah ada program “Interview Podcast” masyarakat bisa tau kisah inspiratif dari anggota KSP CU Mitra Parahita, mengenal usaha anggota koperasi sekaligus mempromosikan produknya.

Melalui gebrakan program podcast ini menandakan bahwa pengurus dan pengawas KSP CU Mitra Parahita memiliki komitmen yang kuat pada kemajuan koperasi. Ditambah lagi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola yang kreatif dan inovatif saat ini, membuat mereka terbiasa bekerja secara profesional. Itulah kenapa KSP CU Mitra Parahita semakin berkembang dan maju hingga saat ini. Respon dari masyarakat dan anggota juga sangat baik terbukti viewes dan subscriber yang terus bertambah di channel youtube koperasi. “pengurus dan pengawas sangat mendukung program Podcast karena untuk media promosi serta selalu memberikan masukan yang membangun terkait podcast yang dibuat, baik konten, talent, lighting, dan editing”, cakap Drs. FX. Suyono, Ketua KSP CU Mitra Parahita. 

Hal ini juga menegaskan bagaimana CU Mitra Parahita betul-betul memahami pentingnya inovasi sesuai dengan lima pilar pembangunan Credit Union (CU) yaitu: Pendidikan, Solidaritas Swadaya, Inovasi, Persatuan dalam keragaman CU. []


Anda bisa meninggalkan No. Ponsel bila memilih "Ingin memahami lebih lanjut"

Related Posts

Leave A Comment