Blog Single

03 Oct

KTA Multiguna, KTA ini Bisa Buat Bayar-bayar, Lho

Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memiliki Koperasi Karyawan (Kopkar) yang punya gagasan visioner. Tahun 2019 Kopkar ini melakukan inovasi pada Kartu Tanda Anggotanya (KTA) menjadi KTA Multiguna. Kopkar itu adalah Kopkar Lingga Yuda yang beranggotakan Karyawan dan Pensiunan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero), yang didirikan 9 September 1997. Gagasan visioner dalam bentuk inovasi KTA pada 2019 lalu ini telah menjadi jawaban adaptif dari Kopkar Lingga Yuda saat masa pandemi. 

Inovasi pada KTA Kopkar Lingga Yuda ini diinisiasi awal saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada 23 Februari 2019. Perubahan KTA yang awalnya kartu identitas biasa sekarang berubah menjadi kartu multiguna. Keputusan perubahan ini disepakati oleh seluruh anggota sebagai bentuk adaptasi Kopkar dalam memasuki era digital. KTA Multiguna ini dapat berfungsi juga sebagai kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang dapat digunakan oleh anggota untuk bertransaksi di tempat perbelanjaan modern dan juga dapat berfungsi sebagai e-money. Perubahan KTA ini adalah bentuk kesadaran nyata Kopkar Lingga Yuda dalam menyongsong era digitalisasi ini. “Semua ini di lakukan oleh Pengurus selaku pengelola koperasi untuk memberikan kemudahan kepada anggota dalam rangka menyosong transaksi digital (e-money)”, ujar Kuswan Suhendar selaku Ketua Kopkar Lingga Yuda. 

Perubahan KTA ini juga tidak Kopkar lakukan secara sendiri. Kopkar Lingga Yuda sadar betul bahwa hal penting dalam melakukan inovasi adalah dengan mendorong kolaborasi. Sehingga, pembuatan KTA ini dilakukan dengan membangun kemitraan bersama Bank BRI dengan layanan e-money (BRIZZI). Pembiayan KTA baru ini diambil dari dana promosi dan dana kesejahteraan anggota, agar tidak memberatkan anggota untuk iuran pembuatan KTA baru lagi. Proses pembuatannya juga dilakukan secara bertahap, mengingat ada lebih dari 700 anggota yang dimiliki oleh Kopkar Lingga Yuda. “Adanya KTA Multiguna ini harapannya menjadi lebih bermanfaat tidak hanya disimpan di dalam dompet saja, anggota bisa memanfaatkannya sebagai alat transaksi sehingga memiliki nilai guna”, kata Kuswan Suhendar.

Inovasi pada KTA yang dilakukan oleh Kopkar Lingga Yuda ini adalah pertama kalinya dilakukan oleh koperasi di tingkat Kabupaten Ciamis. Namun, ini bukan pertama kalinya Kopkar Lingga Yuda menorehkan prestasinya. Puluhan penghargaan sudah sering diraih oleh Kopkar ini, termasuk menjadi salah satu dari tiga koperasi terbaik di tingkat Kabupaten Ciamis pada tahun 2019 lalu.

Kopkar Lingga Yuda yang dinahkodai oleh Kuswan Suhendar ini, memang sudah tidak diragukan lagi. Gebrakan-gebrakan baru sering dilakukan agar Kopkar ini tetap eksis di masyarakat. Memasuki masa Pandemi mereka juga tidak mau tinggal diam. Masa Pandemi ini justru memberikan ruang bagi Kopkar ini untuk melakukan eksplorasi inovasi lain. Kopkar ini melakukan gebrakannya lagi dengan mulai mengembangkan aplikasi digital koperasi yang baru mulai dikerjakan bulan Juli 2020 lalu. 

Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengurus dalam memberikan pelayanan pada anggota secara online. Selain itu juga untuk memudahkan pengurus dalam pelaporan administrasi bagi pengelola koperasi. Sehingga, apabila terjadi kondisi force majeure seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak terlalu menghambat aktivitas kerja di koperasi. Hal ini menunjukan sikap tangkasyang kuat yang dimiliki oleh Kopkar Lingga Yuda. “Perbaikan-perbaikan terus dilakukan dalam pengelolaan kegiatannya dengan tetap mengutamakan pelayanan prima untuk anggota, kapan pun dan dimana pun, mengingat zaman sekarang teknologi semakin canggih”, cakap Ketua Kopkar Lingga Yuda.

Kopkar Lingga Yuda ini adalah Kopkar yang tidak hanya bergerak dalam bidang koperasi simpan pinjam tetapi juga bidang koperasi konsumen. Selain itu, Kopkar ini juga menjalin kemitraan dengan Bank BRI Cabang Ciamis untuk pengadaan barang-barang percetakan, menyediakan keperluan anggota lainnya seperti pengadaan sembako. Sejak pertama kali berdiri, total anggota yang dimiliki Kopkar Lingga Yuda saat ini berjumlah 793 orang.

Ragam prestasi hingga gebrakan-gebrakan inovasi dalam memberikan layanan kepada anggota di Kopkar ini sudah berulangkali dibuktikan. Para pengurus dan anggota memiliki komitmen yang kuat pada kemajuan Kopkar Lingga Yuda ini. Ditambah lagi, para anggota dan pengurusnya yang sebelumnya adalah pegawai BRI maka itu membuat mereka terbiasa bekerja secara profesional. Itulah kenapa Kopkar Lingga Yuda masih eksis hingga hari ini. “Komitmen yang tinggi antar anggota, pengurus yang solid, selain itu memang diurusnya oleh pensiunan BRI sendiri yang terbiasa bekerja secara profesional”, tutur Kuswan Suhendar. []


Anda bisa meninggalkan No. Ponsel bila memilih "Ingin memahami lebih lanjut"

Related Posts

Comments

There are 6 comments on this post.

  1. Zulfa Badiq (PPKL Tulungagung)

    October 3, 2020

    Reply

    Sungguh terobosan yang sangat luar biasa, koperasi tidak boleh tertinggal dengan lembaga-lembaga usaha yang lain, dengan semangat dasar prinsip koperasi, semua pasti bisa capai, sehingga stigma koperasi milik orang pinggiran bisa berubah.
    Digitalisasi koperasi harus segera di songsong, dan di sambut dengan tangan terbuka.

    Salam #aktivatorkoperasi

  2. TULUS

    October 3, 2020

    Reply

    KSP tidak boleh tertinggal dengan lembaga-lembaga keuangan pemerintah, dengan semangat dasar prinsip koperasi, semua pasti bisa capai, maka dengan adanya Inovasi Koperasi, semoga dapat terwujud. Terima kasih.

  3. TULUS

    October 3, 2020

    Reply

    Semoga dengan Inovasi Koperasi, KSP dapat bersaing dengan lembaga keuangan pemerintah, terima kasih.

  4. Rafli

    October 3, 2020

    Reply

    Mohon imfo lebih lanjut mengenai ini

  5. ropi rudiana

    October 3, 2020

    Reply

    Semangat,selamat KSP dengan inovasi ini KSP bisa membantu terutama untuk kemajuan masyarakat luas 👍

    • ropi rudiana

      October 3, 2020

      Reply

      Semangat,selamat KSP dengan inovasi ini KSP bisa membantu terutama untuk kemajuan masyarakat luas 👍

Leave A Comment